Dosis Obat Herbal Stimuno untuk Balita yang tepat sesuai Anjuran Dokter

stimuno untuk balita
stimuno untuk balita

Sebelum membahas Dosis Obat Herbal Stimuno untuk Balita yang tepat sesuai Anjuran Dokter, Bunda perlu tahu dulu apa artinya Dosis Obat?

Dosis Obat

Dosis (takaran) suatu obat adalah banyaknya suatu obat yang dapat dipergunakan atau diberikan kepada seorang penderita baik untuk dipakai sebagai obat dalam maupun obat luar. Ketentuan Umum Farmasi Indonesia (FI) edisi III mencantumkan 2 dosis yakni :

1. Dosis Maksimal (maximum)
berlaku untuk pemakaian sekali dan sehari. Penyerahan obat dengan dosis melebihi dosis maksimum dapat dilakukan dengan membubuhi tanda seru dan paraf dokter penulisan resep, diberi garis dibawah nama obat tersebut atau banyaknya obat hendaknya ditulis dengan huruf lengkap.

2. Dosis Lazim (Usual Doses)
merupakan petunjuk yang tidak mengikat tetapi digunakan sebagai pedoman umum (dosis yang biasa / umum digunakan).

Macam – Macam Dosis

Ditinjau dari dosis (takaran) yang dipakai, maka dapat dibagi sebagai berikut :

1. Dosis terapi/Dosis medicinalis
Adalah dosis (takaran) yang diberikan dalam keadaan biasa dan dapat menyembuhkan si sakit.

2. Dosis maksimum
Adalah dosis (takaran) yang terbesar yang dapat diberikan kepada orang dewasa untuk pemakaian sekali dan sehari tanpa membahayakan.

3. Dosis toxica
Adalah dosis yang menyebabkan keracunan, tidak membawa kematian.

4. L.D.50
Adalah dosis (takaran) yang menyebabkan kematian pada 50% hewan percobaan.

5. L.D.100
Adalah dosis (takaran) yang menyebabkan kematian pada 100% hewan perconaan.

6. Dosis inisiasi/Dosis awal
Adalah dosis ( takaran ) yang diberikan pada awal suatu terapi sampai tercapai kadar kerja yang diinginkan secaraterapeutik.

7. Dosis pemeliharaan
Adalah dosis ( takaran ) yang harus diberikan selanjutnya setelah tercapaikejenuhan untuk memelihara kerja sertakonsentrasi jaringanyang sudah berusia lanjut , makapemberian dosis lebih kecil dari dosis dewasa.

Dosis untuk anak

Respon tubuh anak terhadap obat tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Dalam memilih dan menetapkan dosis memang tidak mudah karena harus diperhitungkan beberapa faktor, salah satunya berdasarkan umur.

Menghitung Dosis Berdasarkan Umur.

Rumus YOUNG :

( n / (n + 12) ) x dosis maksimal dewasa,

dimana n adalah umur dari anak 8 tahun kebawah.

Rumus DILLING :

( n / 20 ) x dosis maksimal dewasa

dimana n adalah umur dari anak 8 tahun kebawah.

Dosis Obat Herbal Stimuno untuk Balita yang tepat sesuai Anjuran Dokter

Mengkonsumsi Stimuno salah satu obat herbal untuk memperbaiki sistem imun Balita perlu dilakukan sesuai dengan dosis dan aturan atau cara minum yang sesuai. Meminum obat herbal yang satu ini dalam dosis yang terlalu rendah akan menyebabkan obat tidak bekerja dengan semestinya di dalam tubuh karena tidak akan efektif untuk memperbanyak antibodi dalam tubuh

Meminum Stimuno untuk Balita dalam dosis yang terlalu tinggi tidak akan meningkatkan efektivitas kerja obat, melainkan dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya efek samping obat meningkat. Efek samping obat bisa berbagai macam bentuknya, mulai dari yang ringan seperti mual muntah, sakit kepala, pusing, hingga yang berat seperti supresi sumsum tulang, gangguan irama jantung, gangguan pernafasan, gangguan kesadaran, dan lain sebagainya

Tentu Bunda tidak ingin masalah tersebut terjadi pada anak kan?

Mau tahu Dosis Stimuno untuk Balita yang tepat sesuai Anjuran Dokter?

Dosis Stimuno untuk Anak-anak di atas 1 tahun : 1 sendok takar (5ml), 3 x sehari, Dengan dosis ini membantu merangsang tubuh anak memproduksi lebih banyak antibodi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal.

Dengan begitu, memberikan Bunda rasa aman terhindar dari keracunan obat pada si anak



Posting Komentar

0 Komentar