Apa itu Tag Judul? 6 Cara Penulisannya versi Google

Tag Judul

Apa itu Tag Judul?

Tag judul adalah elemen HTML yang menentukan judul halaman web. Tag judul ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari (SERP) sebagai judul utama yang dapat diklik untuk hasil yang diberikan, dan penting untuk kegunaan, SEO on page, dan berbagi sosial. Tag judul halaman web dimaksudkan untuk menjadi deskripsi yang akurat dan singkat dari konten halaman.

Panjang tag judul yang optimal

Google biasanya menampilkan 50–60 karakter pertama dari tag judul. Jika Anda menyimpan judul di bawah 60 karakter, penelitian kami menunjukkan bahwa Anda dapat mengharapkan sekitar 90% dari judul Anda ditampilkan dengan benar. Tidak ada batas karakter yang pasti, karena lebar karakter dapat bervariasi dan judul tampilan Google maksimum (saat ini) pada 600 piksel.

Mengapa tag judul penting?

Tag judul meta adalah faktor utama dalam membantu mesin pencari memahami tentang apa halaman Anda, dan mereka adalah kesan pertama yang dimiliki banyak orang tentang halaman Anda.

Tag judul Anda menentukan (dengan beberapa pengecualian) judul tampilan Anda di SERP, dan merupakan pengalaman pertama pengunjung mencari situs Anda. Sekalipun peringkat situs Anda bagus, judul yang bagus bisa menjadi faktor penentu atau tidak penting dalam menentukan apakah seseorang mengklik tautan Anda atau tidak.

Tag judul Anda juga ditampilkan di bagian atas browser web Anda dan bertindak sebagai pengganti, terutama untuk orang-orang yang memiliki banyak tab browser terbuka. Judul yang unik dan mudah dikenali dengan kata kunci penting di dekat bagian depan membantu memastikan orang tidak kehilangan jejak konten Anda.

6 cara menulis tag judul yang baik versi Google

Karena tag judul adalah bagian penting dari optimasi mesin pencari terutama Google dan pengalaman pengguna pencarian, menulisnya secara efektif adalah tugas SEO yang hebat dan mudah digerakkan. Berikut adalah rekomendasi penting untuk mengoptimalkan tag judul versi Google dan sasaran kegunaan:


1. Perhatikan panjang judul Anda

Jika judul Anda terlalu panjang, mesin pencari dapat memotongnya dengan menambahkan ellipsis ("...") dan akhirnya menghilangkan kata-kata penting. Meskipun kami umumnya menyarankan menjaga judul Anda di bawah 60 karakter, batas pastinya sedikit lebih rumit dan didasarkan pada wadah 600-piksel.

Perlu diingat bahwa, bahkan dalam batas panjang yang wajar, mesin pencari dapat memilih untuk menampilkan judul yang berbeda dari apa yang Anda berikan dalam tag judul Anda. Misalnya, Google dapat menambahkan merek Anda ke judul tampilan, seperti ini:

Di sini, karena Google memotong teks sebelum menambahkan merek (teks sebelum "..." adalah teks asli), hanya 35 karakter dari judul asli ditampilkan. Lihat lebih lanjut di bawah ini tentang cara mencegah mesin pencari dari menulis ulang tag judul Anda.

Ingatlah bahwa judul yang lebih panjang mungkin berfungsi lebih baik untuk berbagi sosial dalam beberapa kasus, dan beberapa judul secara alami panjang. Adalah baik untuk memperhatikan bagaimana judul Anda muncul di hasil pencarian, tetapi tidak ada penalti untuk menggunakan judul yang panjang. Gunakan penilaian Anda, dan berpikirlah seperti pengunjung pencarian.

2. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci SEO

Meskipun tidak ada penalti yang dimasukkan ke dalam algoritme Google untuk judul yang panjang, Anda dapat mengalami masalah jika Anda mulai mengisi judul Anda penuh dengan kata kunci dengan cara yang menciptakan pengalaman pengguna yang buruk, seperti:

Beli Widget, Widget Terbaik, Widget Murah, Widget untuk Dijual

Hindari judul yang hanya daftar kata kunci atau ulangi variasi kata kunci yang sama berulang-ulang. Judul-judul ini buruk bagi pengguna pencarian dan bisa membuat Anda kesulitan dengan mesin pencari. Mesin pencari memahami variasi kata kunci , dan tidak perlu dan kontraproduktif untuk memasukkan setiap versi kata kunci Anda ke dalam judul.

3. Berikan judul unik pada setiap halaman

Judul unik membantu mesin pencari memahami bahwa konten Anda unik dan berharga, dan juga mendorong laju klik-tayang yang lebih tinggi. Pada skala ratusan atau ribuan halaman, mungkin tampak mustahil untuk membuat judul unik untuk setiap halaman, tetapi CMS dan templat berbasis kode modern harus memungkinkan Anda untuk setidaknya membuat judul unik berbasis data untuk hampir setiap halaman penting dari situs Anda. Misalnya, jika Anda memiliki ribuan halaman produk dengan database nama dan kategori produk, Anda bisa menggunakan data itu untuk dengan mudah menghasilkan judul seperti:

[Nama Produk] - [Kategori Produk] | [Nama merk]

Sama sekali hindari judul default, seperti "Beranda" atau "Halaman Baru" - judul-judul ini dapat menyebabkan Google berpikir bahwa Anda memiliki duplikat konten di situs Anda (atau bahkan di situs lain di web). Selain itu, judul-judul ini hampir selalu mengurangi tingkat klik-tayang. Tanyakan kepada diri sendiri: seberapa besar kemungkinan Anda mengklik pada halaman yang disebut "Tanpa Judul" atau "Halaman Produk"?

4. Masukkan kata kunci penting terlebih dahulu

Menurut pengujian, kata kunci yang lebih dekat ke awal tag judul Anda mungkin lebih berdampak pada peringkat pencarian. Selain itu, penelitian pengalaman pengguna menunjukkan bahwa orang dapat memindai sesedikit dua kata pertama dari sebuah judul. Inilah sebabnya kami merekomendasikan judul di mana aspek paling unik dari halaman (misalnya nama produk) muncul terlebih dahulu. Hindari judul seperti:

Nama Merek | Kategori Produk Utama - Kategori Produk Kecil - Nama Produk

Judul-judul seperti contoh ini memuat informasi berulang di muka dan memberikan sedikit nilai unik pada pandangan pertama. Selain itu, jika mesin pencari memotong judul seperti ini, bagian yang paling unik adalah yang paling mungkin hilang.

5. Manfaatkan merek Anda

Jika Anda memiliki merek yang kuat dan terkenal, kemudian menambahkannya ke judul Anda dapat membantu meningkatkan rasio klik-tayang. Kami umumnya masih merekomendasikan menempatkan merek Anda di akhir judul, tetapi ada beberapa kasus (seperti beranda atau tentang laman) di mana Anda mungkin ingin lebih berfokus pada merek. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google juga dapat menambahkan merek Anda secara otomatis ke judul tampilan Anda, jadi perhatikan bagaimana hasil pencarian Anda saat ini ditampilkan.

6. Menulis untuk pelanggan Anda

Meskipun tag judul sangat penting untuk SEO, ingat bahwa pekerjaan pertama Anda adalah menarik klik dari pengunjung yang ditargetkan dengan baik yang cenderung menemukan konten Anda berharga. Sangat penting untuk memikirkan seluruh pengalaman pengguna ketika Anda membuat tag judul Anda, di samping optimasi dan penggunaan kata kunci. Tag judul adalah interaksi pertama pengunjung baru dengan merek Anda ketika mereka menemukannya di hasil pencarian - tag tersebut harus menyampaikan pesan paling positif dan seakurat mungkin.

Itulah di atas informasi tentang Tag Judul dan 6 Cara Penulisan yang Baik menurut Google, dengan mempraktekannya dijamin situs Anda memperoleh peringkat yang baik di mata Google

Posting Komentar

0 Komentar