Materi Bimtek Keuangan Pusdiklat Pemendagri tahun 2019

Materi Bimtek Keuangan Pusdiklat Pemendagri tahun 2019

Bimbingan Teknis Keuangan Pusdiklat Pemendagri adalah suatu kegiatan pelatihan Bimtek untuk memberikan bantuan bagi pegawai keuangan berupa tuntunan, nasehat untuk menyelesaikan suatu masalah/persoalan yang sifatnya teknis. Bimbingan Teknis / Bimtek keuangan dari pusdiklat yang satu ini merupakan suatu kegiatan pelatihan serta pengembangan pengetahuan dan kemampuan yang dapat di pergunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan di bidang keuangan yang dihadapi oleh setiap institusi tertentu maupun individu.

Sehingga dengan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis keuangan dari Pusdiklat Pemendagri diharapkan setiap individu maupun institusi tertentu, baik lembaga pemerintahan atau swasta dapat mengambil sebuah manfaat dengan berorientasi pada kinerja. Sedangkan keuangan dapat diartikan dengan Ilmu keuangan, dan asset lainnya atau Manajemen asset tersebut serta menghitung, dan mengatur risiko proyek.

Maksud dan Tujuan dilaksanakannya Bimtek Keuangan Pusdiklat Pemendagri adalah Untuk menyelesaikan suatu kasus / permasalahan keuangan yang terjadi dan dihadapi oleh para pejabat sehingga penyelesaiannya dapat di pertanggungjawab kan sesuai dengan peraturan per undang-undangan yang berlaku. Karena itulah Anda perlu mengetahui materi pelatihan Bimtek Keuangan agar makin mengerti dan memahaminya.

Materi Diklat / Bimtek Keuangan sebagai berikut:


1. Pelatihan Sosialisasi dan Implementasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019
2. Diklat / Pelatihan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU)
3. Bimtek / Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan SKPD

Pelatihan Sosialisasi dan Implementasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019

Dalam materi ini, Anda akan dilatih untuk memahami Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 meliputi: Sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah, prinsip penyusunan APBD, kebijakan penyusunan APBD, teknis penyusunan APBD serta hal khusus lainnya. Materi ini mengacu pada keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019. Serta telah diterbitkan juga Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Peyusunan APBD Tahun Anggaran 2019. Peraturan Menteri Dalam Negeri Ini menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019.

Diklat / Pelatihan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU)

Dengan memahami Materi ini, memberikan peningkatan kemampuan Anda dalam pelayanan kepada masyarakat demi memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan menerapkan praktek bisnis yang sehat. Hal ini berdasarkan Perpres nomor 23 tahun 2005

Perpres Nomor 23 Tahun 2005 serta Permendagri Nomor 61/2007 yang mengatur mengenai pengelolaan keuangan pada Badan Layanan Umum (BLU). Dimana semua Rumah Sakit (RS) pemerintah harus berubah statusnya menjadi BLU/BLUD. Aturan ini menjadi landasan hukum bagi Rumah Sakit (RS) pemerintahan untuk lebih otonom dibidang keuagan. Seluruh pemerintah daerah (pemda) dapat memahami mengenai masalah-masalah terkait dalam peningkatan mutu pelayanan publik.

Bimtek / Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan SKPD

Dengan Matari Bimtek ini membuat Anda mahir dalam Pengelolaan Keuangan Daerah meliputi perencanaan, penatausahaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban serta pengawasan keuangan daerah. Serta Anda mengerti juga tentang Proses akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan SKPD adalah serangkaian kegiatan yang diawali dengan transaksi dan berakhir dengan penutupan buku – berakhirnya seluruh proses pencatatan pada periode yang ditentukan.

Secara keseluruhan dengan Materi Bimtek Keuangan Pusdiklat Pemendagri tahun 2019 di atas Anda makin handal dalam mengelola keuangan di instansi tempat Anda bekerja

Posting Komentar

0 Komentar