Apa itu SEO off-page? Jenis tautan, Alat Bantu yang diperlukan

Membangun backlink adalah jantung dari SEO off-page. Mesin pencari menggunakan backlink sebagai indikasi kualitas konten yang ditautkan, sehingga situs dengan banyak backlink bernilai tinggi biasanya akan berperingkat lebih baik daripada situs lain yang setara dengan lebih sedikit backlink.

SEO off-page


Apa itu SEO off-page?

SEO off-page adalah usaha-usaha optimasi mesin pencari dari luar website. (panduanim.com)

Dalam SEO, istilah SEO off-page merujuk pada faktor-faktor yang tidak terkait dengan halaman situs (seperti gambar di atas). Jika SEO merujuk ke situs-situs seperti tautan internal, konten, dan kata kunci, halaman-off mengacu pada pembuatan tautan atau umpan balik.

Tidak cukup hanya memperhatikan situs web dan merek Anda untuk mengakses SEO. Anda harus mencoba meningkatkan reputasi Anda sehingga calon pelanggan mempelajari lebih lanjut tentang situs web dan perusahaan Anda.

Ada tiga jenis tautan utama dalam SEO off-page, yang ditentukan berdasarkan cara perolehannya: tautan alami, tautan yang dibuat secara manual, atau tautan yang dibuat sendiri.

3 jenis tautan SEO off-page

  • Tautan alami diberikan secara editorial tanpa tindakan apa pun dari pemilik laman. Sebagai contoh, seorang blogger makanan menambahkan tautan ke sebuah pos yang mengarah ke pertanian produk favorit mereka adalah tautan alami.
  • Tautan yang dibangun secara manual diperoleh melalui aktivitas pembuatan tautan yang disengaja. Ini termasuk hal-hal seperti membuat pelanggan untuk menautkan ke situs web Anda atau meminta influencer untuk membagikan konten Anda.
  • Tautan yang dibuat sendiri dibuat oleh praktik seperti menambahkan backlink di direktori online, forum, tanda tangan komentar blog, atau siaran pers dengan teks jangkar yang dioptimalkan. 
Terlepas dari bagaimana tautan diperoleh, tautan yang menawarkan kontribusi terbesar untuk upaya SEO umumnya adalah tautan yang lulus ekuitas terbanyak. Ada banyak sinyal yang berkontribusi positif terhadap ekuitas yang disahkan, seperti:
  • Popularitas situs yang menautkan
  • Seberapa terkait topik situs penautan dengan situs yang ditautkan
  • "Kesegaran" tautan
  • Teks jangkar yang digunakan di situs penautan
  • Keabsahan situs penautan
  • Jumlah tautan lain pada halaman yang terhubung
  • Otoritas dari tautan domain dan halaman

SEO off page yang tidak terkait tautan

Sementara mendapatkan tautan dari situs web eksternal adalah strategi SEO off-page yang paling umum dilakukan, hampir semua aktivitas yang a) terjadi di luar situs web Anda sendiri dan b) membantu meningkatkan posisi peringkat pencarian Anda dapat dianggap sebagai "SEO off-page". " Ini termasuk hal-hal seperti:
  • Pemasaran media sosial
  • Blogging tamu
  • Merek yang ditautkan dan tidak ditautkan
  • Pemasaran influencer

Alat SEO off-page yang diperlukan

Untuk membuatnya lebih mudah, sekarang ada banyak alat yang membantu mengoptimalkan metode SEO off-page. Berikut beberapa alat yang diperlukan Anda:

Banyak orang beranggapan bahwa Google AdWords adalah alat SEO luar halaman yang paling berguna. Fitur termasuk: meningkatkan jumlah pelanggan, mendapatkan hasil yang cepat dan mudah dimengerti, meningkatkan kualitas lalu lintas, menyediakan informasi pasar, dan pencarian kata kunci. Google AdWords adalah alat pemasaran yang memungkinkan Anda mengubah pengunjung menjadi pelanggan dan memimpin bisnis Anda. Alat ini juga mudah digunakan, terjangkau dan memiliki relevansi maksimal.

2. Ahrefs
Alat ini berguna untuk banyak hal karena Ahrefs memiliki database backlink yang bagus dan membantu Anda mengetahui segala sesuatu tentang situs dan pesaing Anda. Anda akan belajar cara mengatasi peringkat pesaing Anda. Fitur-fiturnya termasuk: melacak backlink, menemukan kata kunci yang paling relevan, mengetahui informasi pesaing Anda, dan menganalisis strategi mereka.

Majestic juga merupakan salah satu alat terbaik untuk SEO. Alat ini juga dikenal sebagai alat backlink paling canggih. Basis data dianggap memiliki informasi paling detail tentang mesin pencari. Di antara fitur yang ditawarkan meliputi: SEO untuk para profesional, analisis media, alat bisnis, perbandingan dengan pesaing, eksplorasi area secara rinci.

4. Moz
Layanan yang disediakan oleh Moz sangat lengkap, menawarkan lalu lintas data yang unik. Dengan menggunakan Moz, Anda akan dapat fokus pada strategi yang Anda miliki, sehingga Anda dapat dengan mudah ditemukan di antara milyaran pencarian yang dilakukan setiap hari. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Moz termasuk: menjelajahi situs terbuka, melacak kampanye pemasaran Anda, menjelajahi peluang kata kunci, dan melacak kesalahan navigasi.

Penting untuk dicatat, bahwa hasil bersih dari masing-masing kegiatan ini adalah entah bagaimana membuat referensi ke situs Anda dari tempat lain di web - baik itu referensi tautan, penyebutan merek atau situs web Anda, atau sebaliknya. Jadi, konsep SEO off-page yang benar-benar "tidak berhubungan dengan" sebenarnya sedikit keliru!

Posting Komentar

0 Komentar