Facebook Marketing: Panduan Lengkap untuk Pemula

Facebook Marketing


Memulai dengan Facebook Marketing?

Maka Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus berada di Facebook. Ini adalah jejaring sosial terbesar di dunia, dengan 2,27 miliar pengguna aktif , hampir 1,5 miliar di antaranya aktif setiap hari.

Dari startup kecil dengan mahasiswa Ivy League berbagi foto, sekarang menjadi pemain utama di industri seperti media, marketing, dan teknologi.

Namun, baru-baru ini, Facebook telah terlibat dalam skandal demi skandal .

Dari Cambridge Analytica, hingga peretasan akun, hingga campur tangan Rusia, dan banyak lagi — apakah Facebook masih layak untuk menginvestasikan waktu dan energi? Atau hari-harinya sudah ditentukan?

Jawabannya adalah meskipun ada skandal, penelitian menunjukkan bahwa pengguna Facebook tampaknya tidak mengubah perilaku mereka .

Anda masih akan menemukan peluang marketing terbaik di jejaring sosial terbesar di dunia, dan itu tidak akan berubah dalam waktu dekat. Menghabiskan waktu untuk belajar marketing Facebook layak investasi.

Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda dasar-dasar cara menggunakan Facebook untuk keuntungan Anda. Panduan ini ditujukan untuk pemula yang ingin memperkenalkan pemasaran bisnis mereka di jejaring sosial terbesar di dunia.

Apakah audiens Anda ada di Facebook?


Sebelum kita membahas strategi terperinci tentang cara memasarkan di Facebook, mari kita jawab pertanyaan pertama — apakah audiens Anda bahkan di Facebook?

Jawabannya, mungkin.

Data terbaru oleh Pew Research Center menunjukkan bahwa setiap usia menggunakan setidaknya satu situs jejaring sosial, dengan pengguna yang lebih muda dengan persentase lebih tinggi.

Plus, baik pria maupun wanita menggunakan media sosial dalam jumlah yang kurang lebih sama.

Dan ketika menyangkut jaringan yang digunakan orang, Facebook mendominasi daftar. Pada Januari 2018, 68% orang Amerika menggunakan Facebook, dengan Instagram di tempat kedua dengan 35%.

(YouTube dimasukkan untuk pertama kalinya pada tahun 2018 dengan 73% orang Amerika menggunakannya, tetapi semua jenis pengguna, bukan hanya anggota.)

Dengan kata lain, tidak peduli berapa pun kelompok usia yang Anda targetkan, akan ada lebih dari cukup banyak pengguna di Facebook.

Berikut cara mengatur dan mulai mempromosikan melalui Facebook.

Memasarkan dengan Halaman Facebook


Alat Facebook marketing pertama dan paling jelas untuk merek adalah Halaman Facebook. Seperti profil pribadi, Halaman adalah pusat informasi untuk merek Anda, baik itu perusahaan, produk, layanan, atau bahkan pakar atau selebritas.

Pengguna dapat "Suka" halaman dan "Ikuti", yang berarti mereka akan secara otomatis menerima pembaruan dari halaman itu di umpan berita mereka.

Tetapi untuk melihat posting setiap kali mereka ditambahkan, Anda harus mengklik opsi untuk melihat posting terlebih dahulu. Kalau tidak, kemungkinan Anda tidak akan melihat pembaruan karena Facebook ingin Halaman meningkatkan posting (bayar) untuk lebih banyak visibilitas dan jangkauan.

Jadi, ketika Anda membuat orang menyukai halaman Anda, sebaiknya sarankan mereka mengikuti Anda dan melihat posting Anda terlebih dahulu. Ini akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang jika Anda tidak harus meningkatkan posting sebanyak atau sering.

Ada beberapa perbedaan utama antara halaman dan profil. Untuk terhubung dengan seseorang sebagai profil pribadi, Anda berdua harus mengonfirmasi permintaan pertemanan.

Ketika Anda memiliki halaman, orang-orang dapat menyukai dan mengikuti tanpa persetujuan dari Anda.

Perbedaan lainnya adalah tidak ada batasan jumlah orang yang dapat menyukai halaman Anda. Jika Anda memiliki akun pribadi, Anda hanya dapat memiliki 5.000 teman. Tetapi sebuah halaman dapat memiliki ribuan atau bahkan jutaan orang yang menyukainya.

Bagian terbaik dari Halaman adalah gratis dan mudah diatur. Anda benar-benar dapat membangun Halaman baru dalam 15 menit ke depan dan terlihat profesional seperti perusahaan Fortune 500.

(Meskipun kamu mungkin tidak akan memiliki banyak suka tanpa banyak pekerjaan.)

Kelemahannya hanya itu — mereka bisa sulit didapat. Kecuali jika Anda seorang selebriti atau merek besar seperti Coke atau BMW, dibutuhkan banyak pekerjaan untuk membuat lebih banyak orang menyukai halaman Anda.

Tetapi jika Anda akan mulai dengan ini, Anda harus menyiapkan halaman profesional. Begini caranya.

Cara mengatur Halaman Facebook yang sempurna


Sayangnya, banyak perusahaan tidak menggunakan Halaman Facebook secara maksimal. Lebih buruk lagi, beberapa merek menggunakannya dengan buruk dan benar-benar merusak kredibilitas mereka.

Pedoman ini akan membantu Anda menghindari kesalahan itu.


Foto profil dan gambar sampul


Foto profil Anda harus menjadi logo Anda. Sederhana seperti itu.

Gambar sampul adalah cerita yang berbeda. Terserah Anda untuk memutuskan apa yang akan diletakkan di sini. Beberapa menggunakan foto karyawan, sementara yang lain menggunakan karya seni mewah dan memasukkan informasi kontak mereka di gambar sampul.

M&M melakukan pekerjaan yang baik dengan memadukan logo, karakter, dan produk mereka ke dalam foto mereka.

Pilih foto yang akan meningkatkan halaman Anda dan menarik perhatian pengunjung Anda.

Bagian "Tentang"


Bagian "Tentang" ditempatkan secara jelas tepat di bawah logo perusahaan Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk memberi tahu siapa pun yang datang ke halaman Anda tentang bisnis Anda.

Ini pendek, jadi jangan mencoba menyesuaikan semuanya. Hanya dasar-dasarnya yang terbaik .

Di bagian tentang lengkap, pastikan untuk memasukkan lebih banyak detail.

Jelaskan apa yang dilakukan perusahaan Anda, mengapa Anda berbeda, dan fakta menarik lainnya. Jika Anda bisa, luangkan waktu untuk menulisnya khusus untuk audiens Facebook Anda.

Tetapi jika Anda dalam keadaan darurat, Anda bisa menyalin teks dari halaman “Tentang” situs web atau blog Anda. Pastikan untuk mengisi semua data Anda di bawah "Info Dasar."

Ford melakukan pekerjaan dengan baik termasuk highlight dan info kontak mereka di halaman info mereka.

Jika Anda memiliki bisnis fisik, Anda dapat menambahkan beberapa fitur seperti lokasi dan jam. Halaman dari Eighth Generation ini adalah contoh yang bagus.

Ingatlah untuk tetap bersikap ramah dan informal. Nada biasa biasanya bekerja paling baik di Facebook.

Posting informasi yang berguna ke timeline Anda


Apa yang Anda poskan ke dinding Anda akan muncul di umpan berita dari semua orang yang telah “Menyukai” halaman Anda, seperti halnya ketika Anda memposting sesuatu ke profil pribadi Anda.

Jadi, pastikan apa yang Anda posting bermanfaat bagi penggemar Anda. Jangan memposting pembaruan tanpa akhir tentang hal yang sama, dan jangan memposting terlalu sering, menyumbat feed berita penggemar Anda.

Merek-merek besar seperti Apple biasanya hanya memposting hal-hal yang mereka tahu akan menarik bagi penggemar mereka, seperti iklan video unik atau pengumuman produk.

Berikut adalah beberapa ide untuk hal-hal yang mungkin ingin Anda posting di dinding Anda:

  • Tautan ke artikel yang terkait dengan perusahaan Anda atau industri Anda
  • Tautan ke posting blog Anda
  • Kode kupon bagi penggemar untuk menghemat produk Anda
  • Pengumuman produk baru
  • Tautan ke alat daring yang mungkin berguna bagi penggemar Anda

Sekali lagi, pastikan bahwa posting Anda bermanfaat atau menarik. Juga, jangan memposting lebih dari beberapa kali setiap hari kecuali ada acara khusus yang terjadi.

Spam adalah salah satu cara tercepat untuk menghilangkan penggemar. Jika Anda tidak melakukan apa-apa selain mengirimkan uraian promosi tentang perusahaan Anda, tanpa pernah menambahkan sesuatu yang bernilai, maka Anda akan kesulitan mendapatkan dan mempertahankan penggemar.

Sebelum Anda mengirim pembaruan, tanyakan pada diri Anda apakah itu dengan jujur ​​menambah nilai pada percakapan. Jika tidak, jangan kirim.

Pelajari statistik dan hasil Anda


Facebook Insights menawarkan beberapa analisis hebat untuk halaman. Perhatikan mereka. Jika Anda melihat gelombang besar pada penggemar (atau drop off), lihat apa yang Anda poskan baru-baru ini dan lihat apakah Anda dapat mengetahui alasan tren tersebut.

Lalu, poskan lebih banyak konten semacam itu (atau kurang, jika Anda kehilangan penggemar).

Menggunakan kelompok, pasar, dan pekerjaan


Dalam beberapa tahun terakhir, Facebook telah menambahkan beberapa fitur baru untuk berbagai jenis halaman.

Berikut cara menggunakannya untuk mempromosikan perusahaan atau merek Anda.

Cara memasarkan dengan Grup Facebook


Facebook telah memiliki grup untuk sementara waktu, tetapi mereka baru-baru ini membiarkan Anda membuat grup berbasis merek yang terkait dengan halaman Anda.

Pertama, Anda membutuhkan Halaman Facebook untuk merek Anda. Kemudian Anda dapat membuat grup untuk pergi dengan halaman itu.

Ini memungkinkan sedikit lebih banyak kontrol atas grup karena Anda dapat melampirkan perusahaan Anda padanya.

Grup Facebook mirip dengan forum diskusi, tetapi dengan fitur tambahan yang dimiliki halaman dan profil (seperti garis waktu).

Anda dapat membuat grup yang terkait dengan industri atau penawaran produk Anda sebagai cara untuk menjangkau pelanggan potensial.

Hal yang hebat tentang Grup Facebook adalah, seperti Halaman, mereka gratis. Mereka juga cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi. Pada sisi negatifnya, mereka bisa sangat memakan waktu.

Untuk mengelola Halaman, Anda hanya perlu check-in sekali sehari (atau bahkan kurang) untuk mengirim sesuatu dan membalas komentar.

Dengan Grup, Anda akan ingin terus memantau diskusi, memposting pertanyaan, dan mengelola anggota — mungkin beberapa kali sehari.

Cara memasarkan dengan Facebook Marketplace


Jika Anda memiliki produk untuk dijual, Facebook Marketplace mungkin menjadi pengubah permainan untuk Anda. Ini mirip dengan Craigslist tetapi dibangun di ekosistem Facebook.

Ini adalah fitur yang relatif lebih baru yang masih direvisi Facebook, tetapi memiliki potensi besar untuk pengecer eCommerce dan jenis bisnis berbasis produk lainnya.

Jika Anda menjual produk seperti ini, pertimbangkan untuk mendirikan toko . Ini memungkinkan Anda mencantumkan produk pada tab "Belanja" yang terpisah di Halaman Facebook Anda.

Ketika Anda membuat daftar produk , mereka dapat dicari di Facebook dan orang lain dapat menemukannya.

Jika Anda menggunakan eCommerce, ini adalah strategi marketing yang harus Anda gunakan sesegera mungkin.

Cara menggunakan Pekerjaan Facebook


Akhirnya, Anda dapat memposting pekerjaan ke Facebook. Ini adalah fitur lain yang lebih baru, diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Tentu saja, ini bukan marketing khas seperti yang digunakan kebanyakan orang di Facebook, tetapi ini bisa sangat membantu jika Anda ingin mempekerjakan seseorang. Misalnya, situs freelance FreeeUp mencantumkan posting pekerjaan di halaman Facebook-nya.

Ini hanyalah cara lain Anda dapat menggunakan kekuatan besar Facebook untuk membantu perusahaan Anda tumbuh.

Iklan Bertarget


Facebook menawarkan platform iklan bertarget fantastis.

Anda dapat membuat iklan yang ditargetkan pada area geografis tertentu, usia, tingkat pendidikan, dan bahkan jenis perangkat yang digunakan untuk menjelajah. Facebook juga memungkinkan pengguna menyembunyikan iklan yang tidak mereka sukai dan “Menyukai” halaman tepat di bawah iklan.

Karena ia mengumpulkan begitu banyak informasi demografis tentang penggunanya, Facebook memiliki salah satu program iklan bertarget terbaik secara online.

Anda dapat menargetkan pengguna berdasarkan hampir semua hal yang Anda temukan di profil mereka, serta melacak kesuksesan Anda di setiap segmen.

(Ini juga fitur paling kontroversial mereka, dan yang membuat mereka mendapat masalah baru-baru ini. Tapi kami akan mengesampingkannya untuk artikel ini dan hanya fokus pada bagaimana menggunakan alat-alat tersebut.)

Iklan dapat dijalankan berdasarkan per tayangan atau per klik. Facebook menunjukkan kepada Anda apa tawaran untuk iklan yang serupa dengan Anda, sehingga Anda tahu jika tawaran Anda sesuai dengan yang lain di industri Anda. Anda juga dapat menetapkan batas harian sehingga tidak ada risiko untuk meledakkan anggaran Anda.

Keuntungannya adalah bahwa iklan Facebook sangat kuat, dan mereka lebih mungkin berhasil daripada halaman atau grup karena Anda dapat memilih siapa yang melihat iklan.

Kelemahannya, tentu saja, adalah biaya. Mudah menjalankan banyak iklan Facebook tanpa menghasilkan apa-apa, jadi perhatikan anggaran Anda dengan cermat.

Jenis Iklan Facebook


Ada sejumlah subtipe iklan yang dapat Anda pilih.

Ini termasuk video, penawaran, arahan, kanvas, korsel, dan banyak jenis lainnya. Masing-masing memiliki keunggulan tertentu dan dapat bermanfaat tergantung pada jenis pemasaran yang Anda lakukan.

Salah satu cara terbaik untuk memutuskan jenis iklan untuk dijalankan adalah dengan melihat apa yang dilakukan pesaing Anda. Cukup buka tab "Info dan Iklan" di halaman perusahaan mana saja dan Anda dapat melihat iklan apa yang aktif .

(Anda juga dapat mengubah negara jika ingin melihat promosi di wilayah lain.)

Untuk membuat kampanye iklan baru, Anda harus menjadi administrator halaman. Dari sana, Anda dapat dengan cepat masuk ke Pengelola Iklan.

Berikut snapshot cepat dari Pengelola Iklan. Ini alat yang rumit, tetapi tidak perlu memulai dengan setiap fitur.

Biasakan saja tombol dan metrik paling penting untuk merek Anda dan buat dari sana. Anda selalu dapat mempelajari lebih lanjut nanti setelah menggunakannya beberapa saat.

Opsi Penargetan yang Kuat


Seperti yang disebutkan sebelumnya, Facebook memiliki beberapa alat penargetan paling kuat dari setiap program periklanan online.

Anda dapat menargetkan dengan apa saja di profil pengguna. Anda mungkin mulai dengan lokasi jika itu penting. Anda dapat menentukan kota, kode pos, county, atau negara bagian.

Ini bekerja sangat baik untuk bisnis lokal. Dari sana, Anda dapat memilih demografi dasar, termasuk status hubungan, usia, tempat kerja, pendidikan (termasuk utama dan tahun kehadiran), ulang tahun, dan banyak lagi.

Anda dapat menargetkan iklan ke orang yang baru saja pindah. Jadi, jika Anda memiliki pusat kebugaran di Scottsdale dan ingin menemukan semua individu yang baru saja pindah ke area tersebut, Anda dapat menargetkan iklan dan salinan iklan kepada orang-orang tersebut.

Anda juga dapat menargetkan orang berdasarkan minat mereka. Katakanlah, misalnya, Anda memiliki produk yang ditargetkan untuk penggemar baseball. Anda bisa masuk bisbol di bidang Minat.

Atau, mungkin Anda sudah menulis buku dan Anda yakin orang yang menyukai buku tertentu akan menyukai Anda. Masukkan judul buku di bawah Minat, dan Anda akan secara khusus menargetkan pengguna tersebut.

Anda bahkan dapat menargetkan daftar pengguna pribadi. Jika Anda memiliki daftar alamat email orang yang ingin Anda targetkan, Anda dapat menggunakan pengelola iklan Facebook untuk menargetkan orang-orang itu saja.

Jadi, jika Anda menjalankan bisnis SaaS dan memiliki 200 orang di "daftar prospek" Anda, Anda dapat menggunakan alamat email mereka untuk menargetkan mereka dengan iklan di Facebook.

Kustomisasi Iklan Anda


Keuntungan besar lainnya dari iklan bertarget ketat adalah Anda dapat membuat iklan yang berbeda untuk grup demografis yang berbeda. Iklan bertarget lebih baik akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jika Anda menargetkan penggemar baseball, Anda dapat membuat iklan individual untuk berbagai tim populer. Anda dapat memiliki satu iklan yang ditujukan khusus untuk penggemar Red Sox, satu di penggemar Yankees, dan satu lagi di penggemar Cubs.

Maka Anda hanya bisa menampilkan iklan-iklan itu hanya kepada orang-orang yang telah menunjukkan dalam Minat mereka bahwa mereka adalah penggemar tim tersebut.

Atau, katakanlah Anda menargetkan orang berdasarkan kecintaan mereka terhadap buku tertentu. Anda bisa menyebutkan buku itu di iklan itu sendiri untuk membuatnya lebih menarik perhatian mereka. Buat iklan yang berbeda untuk buku yang berbeda, dan kemudian targetkan sesuai.

Kesimpulan


Facebook tidak hanya kuat - fleksibel. Apa pun jenis perusahaan yang Anda jalankan, ia memiliki opsi marketing yang cukup berbeda sehingga Anda dapat menyesuaikan upaya marketing Anda agar sesuai dengan perusahaan Anda, anggaran Anda, dan batasan waktu Anda.

Ya, mungkin perlu waktu untuk mengetahui semua fitur-fiturnya, tetapi itu sangat berharga. Facebook masih tumbuh dengan kecepatan tinggi, dan setiap hari Facebook menjadi bagian yang sangat diperlukan dalam marketing media sosial.

Meskipun berita utama saat ini tidak mendukung Facebook, platform ini tidak akan pergi ke mana pun untuk sementara waktu.

Jika Facebook bukan bagian dari kampanye marketing Anda saat ini, seharusnya begitu. Sisihkan waktu untuk bermain-main, mulai beberapa kampanye pengujian, dan lihat apa yang terjadi. Seperti apa pun, perlu latihan untuk menjadi ahli dalam hal itu.

Posting Komentar

0 Komentar