8 Kiat Sederhana Menulis Konten Web yang Persuasif

8 Kiat Sederhana Menulis Konten Web yang Persuasif


8 Kiat Sederhana Menulis Konten Web yang Persuasif - Saat menulis salinan web Anda, siapa yang Anda pikirkan?

Apakah Anda menggambarkan pelanggan potensial membaca teks Anda? Dan apakah Anda berpikir tentang apa yang membuatnya - atau dia - klik?

Itulah yang dilakukan sebagian besar penulis web.

Mereka memperlakukan pengunjung web mereka seperti manusia yang suka membaca.

Mereka memperlakukan pengunjung web mereka seperti halnya pembaca teks cetak.

Tapi itu salah. Benar-benar salah. Karena salinan web sama sekali berbeda dari salinan cetak.

Salinan web dipindai. Atau melirik. Tidak membaca.

Pengunjung web Anda mencari informasi atau produk. Mereka membuat keputusan cepat tanpa berpikir.

Jadi bagaimana Anda bisa meyakinkan pengunjung web untuk mengambil tindakan jika mereka tidak membaca teks Anda?

Biarkan saya jelaskan ...

Di bawah ini ikuti 8 tips untuk menulis salinan persuasif untuk web.

Siap?

1. Perlakukan pengunjung web Anda seperti binatang liar
Pengunjung situs web Anda berperilaku seperti binatang liar (sumber: Alertbox Jakob Nielsen ).

Mereka berburu informasi atau produk untuk dibeli - seperti perburuan macan lapar untuk makanan berikutnya.

Ketika macan kumbang mengendus jejak aroma ia dengan cepat memutuskan: apakah jejak aroma mengarah ke makan yang baik? Dan apakah itu akan menjadi tangkapan yang mudah?

Pengunjung web Anda mempertimbangkan dua hal yang sama: Apakah situs web Anda menawarkan apa yang mereka cari? Dan bisakah mereka menemukannya dengan mudah?

Seorang macan kumbang yang lapar tidak suka membuang waktu untuk makan. Dan pengunjung web Anda tidak ingin menelusuri situs web Anda selama beberapa menit untuk menemukan produk yang mereka cari. Mereka ingin menemukannya dengan cepat.

Sama seperti macan kumbang membuat keputusan cepat apakah akan mengikuti jejak aroma atau tidak, pengunjung web Anda memutuskan dengan cepat apakah situs Anda bermanfaat atau tidak. Jadi, jika situs Anda terlihat rumit dengan banyak pilihan untuk dipilih, mereka mengklik untuk memeriksa situs web lain.

Pengunjung web dengan cepat melirik halaman web Anda sebelum menebak apakah mereka ada di tempat yang tepat atau tidak. Mereka tidak perlu tahu pasti. Mereka hanya ingin membuat keputusan cepat.

Jika pengunjung web Anda hanya melirik situs web Anda, bagaimana cara menyampaikan pesan Anda?

2. Masukkan informasi terpenting Anda terlebih dahulu
Menulis untuk web sama sekali berbeda dari menulis esai atau makalah.

Esai mungkin seperti ini: Pertama, jelaskan apa yang akan Anda diskusikan. Kemudian, sajikan tinjauan umum literatur. Selanjutnya, diskusikan; dan akhirnya menarik kesimpulan Anda. Poin paling penting yang Anda buat adalah pada kesimpulan - di akhir esai Anda!

Pada halaman web Anda harus melakukan yang sebaliknya: poin terpenting Anda selalu menjadi yang utama.

Contoh: Anda sedang mencari sofa tiga kursi merah baru. Ketika Anda tiba di sebuah situs web, Anda ingin melihatnya menjual sofa. Dan kedua, Anda menginginkan kotak pencarian sehingga Anda tahu bahwa Anda dapat dengan cepat mengetahui seperti apa sofa merah dengan tiga tempat duduk.

Atau katakan Anda sedang mencari copywriter untuk situs web Anda. Mungkin Anda mencari orang lokal, jadi Anda perlu melihat copywriter berbasis di Manchester yang ada di dekatnya. Atau mungkin copywriter Anda perlu memahami terminologi medis, jadi Anda ingin melihat judul seperti copywriting untuk industri medis .

Informasi yang paling penting bagi pengunjung web Anda seringkali merupakan pernyataan sederhana tentang apa yang Anda lakukan. Begitu mereka memahami apa yang Anda lakukan, mereka mungkin ingin mengetahui beberapa detail penting. Dan kemudian - mungkin mereka ingin mengetahui beberapa informasi latar belakang.

Wartawan menyebut cara penulisan piramida terbalik ini . Dalam artikel surat kabar, informasi yang paling layak diberitakan terlebih dahulu sebelum rincian dan informasi latar belakang. Bahkan jika Anda hanya membaca paragraf pertama dari sebuah cerita surat kabar, Anda masih memahami gambaran besarnya.

Itu sama di situs web Anda. Pelanggan Anda ingin tahu gambaran besarnya terlebih dahulu. Pada dasarnya: Apa yang kamu lakukan? Atau apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka?

3. Jangan mencoba menjadi pintar atau kreatif
Di web jarang pembaca bergantung pada setiap kata yang Anda tulis. Dia tidak punya waktu. Dia terburu-buru karena dia bisa memeriksa beberapa jejak aroma lainnya - situs web - daripada membuang-buang waktu untuk mencari tahu apa yang Anda lakukan.

Ungkapan yang cerdas menuntut orang untuk berpikir. Dan meminta orang untuk berpikir, tidak berfungsi di web karena pengunjung web sedang berburu - mereka tidak punya waktu untuk berpikir. Jadi simpan salinan web Anda sesederhana mungkin.

Menulis seolah-olah Anda sedang menulis untuk anak berusia 12 tahun karena itu membuat salinan Anda mudah diikuti. Dan berhati-hatilah dengan lelucon kecuali Anda benar-benar yakin audiens target Anda akan mendapatkannya.

4. Menulis untuk pemindai
Berapa banyak orang membaca halaman web?

Hampir tidak ada orang!

[Apa yang dilakukan sebagian besar pengunjung web] adalah melirik setiap halaman baru, memindai sebagian teks, dan mengklik tautan pertama yang menarik minat mereka atau secara samar-samar menyerupai apa yang mereka cari. - Steve Krug

Penelitian menunjukkan bahwa hanya 16% orang membaca halaman web kata demi kata. Kebanyakan orang memindai. (sumber: Alertbox Jakob Nielsen ).

Bagaimana Anda bisa menulis untuk pemindai? Daftar periksa:

  • Apakah tajuk Anda mengomunikasikan tentang Anda?
  • Apakah keterangan gambar Anda mengkomunikasikan pesan penjualan?
  • Apakah sub headline Anda merangkum poin-poin utama Anda?
  • Apakah titik-titik peluru yang mudah dipindai mengurangi keributan?
  • Pengunjung web Anda mencari informasi atau produk. Pastikan dia dapat memahami informasi terpenting Anda hanya dengan melirik halaman web Anda


5. Menulis untuk orang malas
Sama seperti macan kumbang malas mencari tangkapan yang mudah untuk makan malamnya, pengunjung web Anda tidak ingin berusaha membaca teks Anda.

Buat salinan Anda mudah dibaca:

  • Gunakan paragraf pendek - maksimal empat kalimat
  • Gunakan kalimat pendek - dua belas rata-rata
  • Lewati kata-kata yang tidak perlu
  • Hindari jargon dan gobbledygook
  • Hindari bentuk pasif
  • Hindari pengulangan yang tidak perlu
  • Alamat pengunjung web Anda secara langsung — gunakan kata Anda
  • Persingkat teks Anda

Seberapa pendek seharusnya teks Anda? Steve Krug merekomendasikan Anda menyingkirkan separuh kata pada setiap halaman, dan kemudian menyingkirkan separuh dari apa yang tersisa. Itu mungkin target yang terlalu menuntut, tetapi cobalah. Jadikan diri Anda tantangan dan buat teks Anda sesingkat mungkin.

6. Harapkan orang untuk tiba di mana saja di situs web Anda
Orang biasanya membaca buku dari bab satu, melalui bab dua hingga tiga dan empat dll.

Sekarang, bayangkan orang mengambil buku dan mulai membaca di suatu tempat sepenuhnya secara acak. Mungkin di awal bab terakhir, mungkin di tengah bab tiga, atau di halaman terakhir bab satu.

Seperti itulah web itu. Sebagian besar pengunjung web tidak akan mulai membaca di beranda Anda. Mereka mungkin tiba di salah satu halaman web Anda.

Jika Anda tidak tahu dari mana orang-orang tiba di situs web Anda, buka Google Analytics >> Konten Situs >> Halaman Arahan. Anda dapat melihat dengan tepat berapa banyak pengunjung web yang tiba di setiap halaman web.

Jika setiap halaman web dapat menjadi halaman entri, apa artinya itu?

  • Setiap halaman harus mudah dipindai
  • Setiap halaman harus menjelaskan kepada orang-orang di mana mereka berada; dan tentang apa situs Anda
  • Setiap halaman harus memiliki ajakan untuk memberi tahu orang-orang ke mana harus pergi berikutnya — untuk membaca posting blog lain, mendaftar untuk menerima email buletin Anda, memeriksa deskripsi produk terperinci atau testimonial, meminta penawaran atau menambahkan produk ke keranjang belanja
  • Jangan mengandalkan bilah navigasi Anda untuk memberi tahu orang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Sertakan tombol atau tautan untuk memandu orang untuk mengambil langkah berikutnya. Di setiap halaman.


7. Permudah pembeli menemukan Anda
Pelanggan potensial mencari informasi atau produk.

Bagaimana Anda dapat membantu mereka menemukan Anda?

Pikat calon pelanggan ke situs web Anda dengan memberikan informasi yang bermanfaat . Begitulah cara menulis untuk SEO on Page (Search Engine Optimization) pada dasarnya bekerja:

  • Jawab pertanyaan yang ditanyakan pelanggan potensial
  • Diskusikan satu topik utama untuk setiap halaman
  • Sertakan tautan ke halaman yang relevan di situs web Anda sendiri atau ke situs web lain
  • Gunakan frasa dan kata-kata yang dicari pelanggan potensial Anda
  • Di atas segalanya: Bermanfaat.

8. Buat kesan visual
Salinan web dan desain web harus bekerja bersama.

Anda tidak dapat menulis kata-kata Anda, Anda tidak dapat menyusun kalimat Anda, Anda dapat membuat poin-poin Anda, tanpa mempertimbangkan bagaimana tampilan halaman web Anda.

Daya tarik visual dari situs web Anda berdampak pada keterbacaan teks Anda; dan memengaruhi apakah pengunjung web dapat dengan cepat mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Cara meningkatkan daya tarik visual dari salinan web Anda:

  • Ganti teks dengan foto atau video
  • Pertimbangkan ukuran font yang berbeda - pikirkan tentang orang yang memindai teks besar terlebih dahulu
  • Tekankan kutipan pelanggan (atau pakar) untuk menambah kredibilitas
  • Bermain-main dengan highlight , teks tebal , CAPS, atau miring
  • Pisahkan judul panjang menjadi judul dengan judul utama
  • Ubah paragraf menjadi poin-poin
  • Yang terpenting: de-clutter. Kurangi kebisingan dan tambahkan ruang putih. Tidak hanya akan membuat situs web Anda lebih mudah dibaca, tetapi juga akan meningkatkan kepercayaan yang Anda rasakan (sumber: Pemicu Sosial ).
  • Kebenaran tentang menulis salinan web persuasif

Saya ingin memberitahu Anda bahwa menulis salinan web persuasif itu mudah.

Tetapi kenyataannya adalah bahwa menulis salinan yang sederhana dan bermanfaat itu sulit.

Jangan perlakukan pengunjung web Anda seperti akademisi yang suka membaca teks yang menantang dan rumit. Jangan perlakukan pengunjung web Anda seperti pengacara yang meneliti cetakan kecil. Jangan bertele-tele. Dan jangan memamerkan kosakata Anda yang luas.

Alih-alih membuat teks Anda sesederhana mungkin.

Jangan mencoba menjadi segalanya bagi semua orang. Ketahui siapa diri Anda dan apa yang Anda lakukan.

Jika pemosisian Anda jelas, jauh lebih mudah untuk menonjol di web dan ditemukan. Jika pesan Anda jelas, akan lebih mudah untuk membuat salinan web persuasif.

Menjadi jelas. Lebih spesifik. Diperjelas.

Posting Komentar

0 Komentar