13 Strategi Marketing di Sosial Media

13 Strategi Marketing di Sosial Media - Media Sosial Perlahan-lahan merayap ke dalam hidup kita, sedikit demi sedikit. Sampai saat itu adalah titik fokus kehidupan kami.

13 Strategi Marketing di Sosial Media

Saat ini, 7 dari 10 orang Amerika menggunakan media sosial , dibandingkan dengan hanya 5% pada tahun 2005.

Bisnis memperhatikan, dan sejak itu media sosial telah merevolusi cara kita melakukan pemasaran.

Manfaatnya tidak ada habisnya dengan strategi media sosial yang dijalankan dengan baik.

Beberapa manfaat strategi media :

  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Tumbuhkan audiens yang lebih besar
  • Terhubung dengan audiens Anda dengan lebih baik
  • Peningkatan lalu lintas situs web
  • Hasilkan lebih banyak prospek
  • Dapatkan lebih banyak penjualan dan uang

Tidak ada keraguan tentang itu - media sosial harus menjadi komponen penting dari upaya pemasaran Anda secara keseluruhan.

Lihat saja beberapa statistik yang membuka mata ini:


  • Facebook memiliki 2,2 miliar pengguna aktif setiap bulan
  • Pinterest? 150 juta orang menggunakan platform populer ini setiap bulan
  • Instagram adalah jaringan media sosial terbesar kedua

Ini kolam besar untuk memancing bagi audiens target Anda. Tidak berpartisipasi dalam pemasaran media sosial akan menyebabkan strategi pemasaran yang tidak lengkap.

Jika Anda siap untuk memulai strategi media sosial Anda, teruslah membaca.

Kami sedang menyelami taktik-taktik mutakhir terbaik di sekitar.

1. Susun tujuan dan sasaran Anda

Memiliki rencana, sasaran, dan sasaran yang kuat sangat penting jika Anda ingin memulai strategi media sosial Anda .

Jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, bagaimana Anda bisa mencapainya?

Belum lagi, Anda tidak dapat mengukur atau mengembangkan strategi Anda dari waktu ke waktu jika Anda tidak memiliki tujuan yang kuat untuk memulai.

Tujuan media sosial Anda harus selaras dengan upaya pemasaran Anda secara keseluruhan.

Menuliskan tujuan Anda sangat penting jika Anda ingin mencapainya.

Menurut sebuah penelitian, Anda kemungkinan 30% akan berhasil jika Anda menuliskan tujuan Anda. Dalam beberapa penelitian jumlah itu setinggi 40%.

Saat Anda menetapkan tujuan, buatlah itu dapat dicapai dan bagi menjadi langkah-langkah aksi yang lebih kecil.

Cara menetapkan sasaran yang dapat dicapai untuk membunuh strategi pemasaran media sosial Anda:


  • Gunakan angka (seperti: mencapai 5000 pengikut Instagram )
  • Selalu tetapkan tenggat waktu
  • Jadilah spesifik dan jadikan sasaran Anda “ SMART ”
  • Buat tujuan Anda sejalan dengan seluruh strategi pemasaran Anda

Perlu bantuan lebih banyak untuk membunuh tujuan Anda? Lihat pos pengaturan tujuan Christine di sini di Blogging Wizard .

2. Penelitian dan pelajari tentang audiens Anda

Menghubungkan dan terlibat dengan audiens Anda sangat penting dalam pemasaran hari ini jika Anda ingin mendapat untung.

Tetapi, untuk melakukan itu, Anda perlu memahami audiens Anda - dalam dan luar.

Anda harus dapat menunjukkan dengan tepat kebutuhan, keinginan, dan keinginan mereka - jika Anda memiliki harapan untuk menciptakan strategi media sosial yang sukses.

Bagaimana Anda bisa lebih memahami audiens Anda?


  • Survei audiens Anda untuk lebih memahami poin rasa sakit mereka
  • Perhatikan dengan cermat demografi mereka
  • Ambil bagian dalam percakapan di forum yang diisi dengan audiens target Anda
  • Tanggapi komentar di blog Anda, dan komentar di blog lain dengan audiens target yang sama
  • Balas semua komentar atau pertanyaan di saluran media sosial Anda
  • Kumpulkan umpan balik (menggunakan salah satu dari banyak alat umpan balik pengguna yang tersedia)

Setelah Anda mengetahui siapa target audiens Anda, Anda lebih siap untuk membantu mereka. Mereka ingin berurusan dengan bisnis yang peduli - bukan hanya merek tanpa wajah.

Yang menjadikan ini langkah penting dalam menciptakan strategi media sosial apa pun.

3. Jalankan kontes untuk meningkatkan strategi media sosial Anda

Merancang kontes media sosial yang sukses adalah salah satu taktik paling memikat yang dapat Anda gunakan. Ini akan meningkatkan visibilitas online Anda, pengikut Anda, dan keterlibatan Anda.

Ada sejumlah alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat hadiah atau undian yang luar biasa.

Kunci untuk melaksanakan kontes yang sukses adalah menawarkan sesuatu yang bernilai luar biasa.

Sesuatu yang tak tertahankan bagi audiens Anda.

Berikut ini contoh kontes yang memiliki hasil luar biasa:

Contoh Kontes Media Sosial


Cara menjalankan kontes di media sosial:


  • Cari tahu tujuan Anda (apakah Anda ingin lebih banyak suka halaman Facebook? Pengikut Instagram? Berapa banyak?)
  • Putuskan saluran media sosial apa yang akan menjadi tempat penyelenggara kontes
  • Buat tenggat waktu kapan berakhir dan kapan pemenang akan menerima hadiah mereka
  • Buat kontes ( lihat jenis yang berbeda dan pilih yang tepat untuk audiens Anda)
  • Promosikan dengan sekuat tenaga!

Untuk mendapatkan hasil yang mengejutkan, usahakan agar audiens Anda melakukan beberapa hal yang berat.

Atur kontes sehingga mereka mendapatkan entri tambahan untuk berbagi kontes atau menyelesaikan tugas serupa.

Seperti: "Sematkan di Pinterest", "Bagikan di Facebook", atau "Sukai halaman Facebook saya". Anda juga dapat memberi mereka tautan unik untuk dibagikan untuk entri tambahan.

Itu jenius. Kontes Anda pada dasarnya akan berjalan sendiri!

4. Buat konten media sosial Anda dengan hati-hati

Setiap konten yang Anda posting di media sosial harus dipikirkan dengan cermat. Jika Anda memposting hanya untuk memposting sesuatu - Anda akan salah semuanya.

Bergantung pada jejaring sosial tempat Anda mengeposkan pesan, Anda harus mempelajari berbagai tujuan setiap jaringan.

Berikut ini beberapa contohnya:


  • LinkedIn - Jaringan profesional yang sempurna untuk pemirsa B2B. Juga termasuk LinkedIn Pulse, platform penerbitan dan distribusi konten.
  • Facebook - Hampir setiap orang memiliki akun Facebook. Sangat bagus untuk konten terkait berita / hiburan. Sementara Halaman Facebook berjuang untuk tampil, Grup Facebook dapat menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens ideal Anda.
  • Instagram - Sempurna jika konten Anda sangat visual. Gambar statis dan video pendek bekerja sangat baik tetapi tidak sebagus dalam mengarahkan lalu lintas kembali ke blog Anda.
  • Pinterest - Mirip dengan Instagram, Pinterest sangat visual. Meskipun terbatas pada gambar statis, ini bisa sangat efektif dalam mengarahkan lalu lintas kembali ke blog Anda.

Catatan: Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana setiap jejaring sosial dapat masuk ke dalam strategi pemasaran Anda, lihat posting kami di psikologi jejaring sosial .
Setelah Anda mengetahui tentang berbagai jaringan, Anda dapat fokus pada jaringan mana yang menurut Anda akan cocok dengan bisnis Anda.

Komponen utama membunuhnya di strategi media sosial Anda adalah menggunakan kata-kata yang tepat. Cara Anda menyampaikan pesan akan bervariasi tergantung pada jejaring sosial tempat Anda memposting konten.

Namun, secara umum, ada cara untuk meningkatkan visibilitas online Anda di semua platform!

Untuk membuat salinan yang menawan di media sosial:


  • Gunakan teknik copywriting .
  • Alamat audiens Anda secara langsung.
  • Gunakan kait tajam, cerdas, atau menarik untuk memulai posting media sosial Anda.
  • Beralihlah dengan berbagai jenis konten (Coba tautkan ke posting blog, video, ajukan pertanyaan, dll).
  • Selalu tulis deskripsi di setiap tautan yang Anda poskan. Jangan pernah hanya memasukkan judul tulisan.

Jika Anda menyempurnakan konten media sosial Anda, Anda akan melihat tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, lebih banyak pengikut , dan menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan.

5. Simpan taktik penjualan seminimal mungkin

Mengganggu, pemasaran tradisional keluar dari jendela sejak lama, untuk alasan yang bagus.

Orang tidak mau dijual juga.

Mereka ingin membangun hubungan dan hubungan nyata dengan Anda.

Itulah saus rahasia untuk membuat audiens Anda atau pelanggan mempercayai Anda.

Dan, jika mereka mempercayai Anda - mereka akan membeli dari Anda.

Konsumen menganggap itu tidak pantas ketika merek dan bisnis memposting terlalu banyak promosi.

Seperti yang Anda lihat, 57,5% orang merasa menjengkelkan dalam penelitian ini di Sprout Social:

Sprout Social Promosi

Atau, Anda dapat membuat konten bermanfaat yang sebenarnya ingin dikonsumsi orang. Konten yang mengarahkan pembeli ke produk atau layanan Anda - tanpa memaksa atau menjual.

6. Manfaatkan konten video dalam strategi Anda

Kecuali Anda telah hidup di bawah batu, Anda tahu bagaimana konten video yang ampuh telah menjadi. Terutama dalam pemasaran media sosial.

82% dari semua lalu lintas konsumen akan berasal dari konten video pada tahun 2021.

Jadi, jika Anda belum melakukannya, saatnya untuk ikut-ikutan sesegera mungkin!

Ada banyak cara berbeda untuk menggunakan konten video dalam strategi media sosial Anda. Tetapi video langsung (seperti Video Langsung Facebook) tampaknya menjadi hal yang sangat disukai saat ini.

Video langsung Facebook memungkinkan Anda terhubung dengan audiens Anda dengan cara otentik yang tidak mungkin dilakukan dalam format konten lainnya. Plus Anda dapat menggunakan video langsung Anda !

Orang-orang terlibat dengan mengajukan pertanyaan. Jadi, Anda dapat menunjukkan kepada mereka bahwa Anda bukan hanya merek, dengan berinteraksi dengan mereka selama dan setelah video langsung Anda.

Mereka akan melihat Anda adalah pemilik bisnis yang peduli dan itu akan membawa hasil lebih dari apa pun. Menurut Facebook, Anda akan melihat 6x interaksi dan keterlibatan dengan video langsung .

Namun, kombinasi video langsung dan video yang direkam secara teratur akan menjadi yang terbaik bagi Anda. Anda akan membuat orang-orang berbondong-bondong ke arah Anda.

7. Buat gambar yang menakjubkan

Mungkin tidak mengejutkan bahwa membuat gambar yang mengejutkan untuk media sosial harus menjadi prioritas utama.

Anda tidak perlu menjadi perancang grafis untuk merancang gambar yang memukau untuk merek Anda. Anda dapat menggunakan alat seperti Canva atau Picmonkey untuk membuat gambar memikat untuk memukau audiens Anda.

Pilihan Anda yang lain adalah melakukan outsourcing. Banyak pemilik bisnis dan blogger melakukan ini - dan ini menghabiskan uang dengan baik.

8. Terhubung dengan audiens Anda

Jika Anda tidak membangun hubungan dengan audiens dan / atau pelanggan Anda - itu akan berdampak buruk pada bisnis Anda.

Memperluas jangkauan Anda tidak diragukan lagi merupakan yang terdepan dalam pikiran Anda. Dan cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menghubungkan dengan cara yang tulus dengan audiens Anda.

Ini akan menyebabkan orang-orang yang ditargetkan mendarat smack dab di situs web Anda dan membeli layanan atau produk Anda. Media sosial adalah salah satu alat terbaik untuk mendatangkan pelanggan atau klien baru.

Faktanya, 73,3% orang membeli barang atau jasa karena media sosial:

Media sosial adalah alat yang ampuh untuk strategi pemasaran apa pun. Dan itu terutama bermuara pada fakta bahwa bisnis dapat berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan mereka dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebaliknya.

Cara cerdas untuk terhubung dengan audiens Anda:


  • Berinteraksi dalam Obrolan Twitter
  • Retweet di Twitter
  • Survei audiens Anda
  • Terlibat dalam grup Facebook dengan audiens target yang sama
  • Selalu balas komentar di halaman bisnis Facebook Anda
  • Jika Anda bisa menguasainya, Anda akan mulai melihat petunjuk mengalir.

9. Manfaatkan Pinterest untuk membawa strategi Anda ke level berikutnya

Pinterest adalah jejaring sosial paling populer ketiga di antara orang dewasa. Dan mesin pencari terbesar kedua selain Google.

Agak membingungkan, bukan? Apakah ini platform media sosial, atau mesin pencari?

Ini sebenarnya mesin pencari visual, yang sering dikacaukan dengan jaringan media sosial.

Apapun, Pinterest memiliki kemampuan untuk memaksimalkan lalu lintas situs web Anda, penghasilan Anda, dan kredibilitas dan otoritas Anda di niche Anda.

Jadi, jika Anda tidak menggunakannya secara maksimal - Anda kehilangan kesempatan besar.

Untuk memulai Pinterest di strategi media sosial Anda:


  • Siapkan akun bisnis
  • Aktifkan pin kaya
  • Buat profil yang menakjubkan dan kaya kata kunci
  • Buat papan yang relevan (gunakan kata kunci sebagai nama papan dan dalam deskripsi papan)
  • Mulai gunakan alat otomatisasi , seperti TailWind atau Board Booster .
  • Buat grafik layak pin

Mulailah terlibat pada platform secara langsung (juga dengan alat otomatisasi -untuk hasil terbaik)
Ini akan membantu menumbuhkan pengikut Pinterest Anda , dan sisanya akan segera jatuh ke tempatnya.

Lalu lintas akan mulai mengalir.

Anda akan menjadi figur otoritas masuk.

Dan penghasilan Anda akan menyala.

Anda akan senang Anda menjadikan Pinterest prioritas dalam strategi media sosial Anda!

10. Gunakan alat yang tepat

Alat yang Anda pilih akan menentukan kekuatan seluruh strategi pemasaran media sosial Anda.

Anggap saja seperti membangun rumah.

Jika Anda mulai dengan memasang drywall atau memasang deck, itu akan jatuh ke tanah.

Anda harus meletakkan fondasi yang stabil terlebih dahulu.

Hal yang sama berlaku untuk strategi media sosial Anda. Menemukan alat yang tepat akan memastikan strategi Anda berjalan dengan mudah.

Anda harus memutuskan alat otomatisasi media sosial mana yang akan Anda gunakan untuk menjadwalkan konten sosial Anda. Timbang pilihan Anda - setiap bisnis memiliki kebutuhan dan persyaratan yang berbeda.

Seperti yang mengubah kehidupan seperti alat otomatisasi seperti Buffer, ada alat lain di luar sana yang dapat membantu Anda mengelola hampir setiap langkah dari proses pemasaran media sosial.

Untuk menghindari perasaan tenggelam, lihatlah alat manajemen media sosial untuk mengelola segalanya untuk Anda.

Dan jika Anda benar-benar serius tentang strategi pemasaran media sosial Anda, Anda akan ingin memantau kehadiran Anda. Ada alat yang sangat baik untuk memantau keberadaan media sosial Anda , untuk membantu mengoptimalkan strategi Anda.

Apakah Anda menggunakan 1 atau 5 alat mengarah pada preferensi pribadi, anggaran, dan seberapa serius Anda membuat strategi pemasaran media sosial yang mutakhir.

Catatan: Di Blogging Wizard, alat manajemen media sosial kami yang masuk adalah Sendible. Pelajari lebih lanjut di ulasan kami .

Jika Anda sudah berpikir untuk membuat grup Facebook - sekaranglah saatnya.

Dengan perubahan drastis yang terjadi di media sosial - Facebook paling terpukul. Algoritma Facebook berubah, membuat halaman Facebook lebih menantang untuk tumbuh atau diuntungkan.

Pada dasarnya, Facebook mengatakan Anda akan melihat lebih banyak dari teman, keluarga, dan grup di umpan berita Anda. Dan lebih sedikit "konten publik", seperti dari bisnis atau merek.


  • Manfaat menjalankan grup Facebook:
  • Peningkatan lalu lintas situs web Anda
  • Promosikan produk dan layanan Anda dengan cara non-penjualan
  • Libatkan dan terhubung dengan audiens Anda dengan cara yang otentik
  • Bangun daftar email Anda
  • Kembangkan bisnis Anda dan dapatkan lebih banyak uang
  • Meluncurkan dan menumbuhkan grup Facebook adalah strategi terbaik untuk ditambahkan ke setiap rencana pemasaran media sosial.

Untuk meluncurkan grup Facebook Anda sendiri , pergi ke sudut kiri bawah umpan berita Anda, di mana dikatakan "Buat", lalu klik pada '' Grup "

11 Luncurkan Grup Facebook Anda Sendiri

Menyimpan
Dari sana isi informasi yang diperlukan, dan Anda siap berangkat.

Dan begitu Anda siap - lihat posting saya tentang mempromosikan Facebook . Di dalam, saya membagikan 16 strategi yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat pertumbuhan komunitas baru Anda.

12. Promosi adalah kunci untuk seluruh strategi Anda

Anda dapat membuat konten berkualitas paling menakjubkan di web - tetapi jika tidak ada yang memerhatikannya, Anda tidak akan melihat hasilnya.

Di situlah promosi masuk.

Kami sudah bicara tentang alat otomatisasi; Anda harus menggunakannya untuk platform media sosial yang Anda pilih untuk strategi media sosial Anda.

Anda juga ingin memiliki alat terpisah untuk Pinterest, seperti TailWind .

Ini akan memaksimalkan jumlah orang yang melihat konten Anda dan itu akan membantu meroket lalu lintas situs web Anda dan penghasilan Anda.

Membuat konten yang luar biasa dan beragam untuk media sosial sangat penting, tetapi jangan mengabaikan proses promosi.

Ini adalah kesalahan besar yang dilakukan banyak blogger dan pemilik bisnis.

Jadi pekerjaan promosi apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan strategi Anda?
Promosi silang antara profil sosial Anda yang lain
Berkolaborasi dengan influencer di industri Anda
Jalankan kontes media sosial yang mendorong peserta untuk mengikuti Anda
Manfaatkan platform lain yang dapat Anda akses (misalnya, setelah seseorang berlangganan daftar email Anda, undang mereka untuk mengikuti Anda di media sosial.)
Ambil pendekatan berbasis SEO untuk konten yang Anda publikasikan di jejaring sosial (misalnya; gunakan tagar yang relevan di Instagram dan gunakan kata kunci populer dalam judul / deskripsi di YouTube.)

13. Pertimbangkan tren dan perubahan terbaru

Tetap terdepan dalam pembatasan sangat penting dalam pemasaran media sosial.

Ini selamanya berubah, dan algoritma diubah ke kiri, kanan, dan tengah. Menjadikannya tugas Anda untuk tetap mengikuti tren dan perubahan terbaru di media sosial.

Ini termasuk membaca statistik terkini untuk platform sosial yang Anda gunakan, dan statistik media sosial secara umum.

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa tren yang terjadi saat ini:


  • Konten video langsung hanya naik dan terus tumbuh
  • Kisah - kisah Instagram adalah taktik praktis untuk bisnis
  • Aplikasi olahpesan sedang meningkat untuk cara bagi konsumen untuk berbicara dengan bisnis
  • Pemasaran influencer adalah hal yang paling disukai
  • Realitas virtual dalam pemasaran telah menjadi sangat besar

Untuk memaksimalkan strategi media sosial Anda, penting untuk tetap mengikuti tren ini dan perubahan algoritma apa pun. Karena kita berdua tahu apa yang sedang tren setahun yang lalu sepertinya tidak sekarang!

Membungkusnya
Pemasaran media sosial bisa menjadi kerja keras. Tetapi manfaatnya sulit untuk diabaikan.

Jika Anda tidak menganggapnya serius, Anda pasti akan kehilangan prospek, pelanggan, visibilitas online, dan penjualan.

Gunakan taktik ini untuk menyempurnakan strategi pemasaran media sosial Anda sampai Anda telah menciptakan strategi kemenangan.

Ingat saja, jejaring sosial dibuat untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Jika Anda tidak menjadikan audiens Anda prioritas utama - Anda tidak akan melihat hasilnya.

Polos dan sederhana.

Posting Komentar

0 Komentar